BIKIN DAGANGAN LARIS MANIS LEWAT INSTAGRAM ADS

Jika kita berbicara masalah berdagang atau berbisnis pasti tidak jauh – jauh dengan istilah marketing. saat ini kita tinggal di zaman serba  4.0 di mana hampir semua orang di dunia mengakses internet dan juga bermain soscial media, begitupun marketing yang kini telah berevolusi menjadi digital marketing.

Sebelum kita bahas lebih dalam mengenai cara promosi bisnis kita dengan media instagram ads, ada baiknya kita harus mengenal terlebih dahulu dasar dari promosi di social media yang merupakan bagian dari digital marketing.

Langsung saja ya, apasih digital marketing itu? Digital marketing adalah sebuah komponen dari marketing yang menggunakan internet dan teknologi digital berbasis online untuk mempromosikan produk dan jasa. Source: Wikipedia

Jadi pada dasarnya, digital marketing ini merupakan kegiatan dari sebuah marketing.

Why digital marketing? apa bedanya sih dengan marketing biasa? Ada beberapa manfaat dari menggunakan digital marketing, yang apabila kita compare dengan traditional marketing akan ada beberapa benefit yang tidak kita dapatkan dalam traditional marketing

Yang pertama, digital marketing itu hyper targeted, apasih artinya? Hyper targeted itu artinya kita bisa menggunakan digital maketing dengan tools – tools yang tersedia untuk memperoleh konsumen atau calon – calon pelanggan yang spesifik. Contohnya, jika kita menggunakan traditional marketing dimana kita masih beriklan menggunakan bilboard di jalanan, kita tidak tahu berapa banyak orang yang akan lewat jalan itu dan melihat bilboard yang kita pasang. Namun bila kita memasang iklan di social media seperti instagram ads, kita akan dapat menarget konsumen kita secara lebih spesifik, kita dapat mengetahui berapa umurnya, apa gender nya, stage of life nya bagaimana, dan mereka interest nya apa.

Yang kedua adalah measurable, artinya adalah semua kegiatan yang ada di digital marketing itu terdokumentasikan dengan baik dan data – data nya bisa membantu kita untuk menganalisis, supaya kita bisa lebih efektif meraih target konsumen kita.

Yang ketiga yaitu interaktif, jika kita memasang iklan di televisi kita tidak bisa mendapat feedback dari audiens atau penonton. Sedangkan jika melihat iklan di social media kita bisa langsung berinteraksi attau bekomentar dengan owner bisnis tersebut.

Yang terakhir adalah cost-effective, seperti yang kita tau memasang iklan dengan menggunakan media tradisional dibutuhkan biaya yang cukup mahal, misalnya beriklan di televisi, di bilboard, maupun surat kabar membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan adanya digital marketing sebenarnya ini membuka akses untuk berbagai macam kegiatan pomosi bisnis yang affordable bahkan gratis sehingga dapat di aplikasikan pada bisnis – bisnis yang masih kecil sekalipun. Kita dapat mengukur pengeluaran  kita melalui ads namun dengan target yang sesuai sasaran.

Setelah kita mengetahui berbagai keunggulan digital marketing di bandingkan traditional marketing, kita juga harus mengetahui bahwa dalam digital marketing ada beberapa macam digital marketing channel, antara lain:

Yang pertama ada owned, yaitu channel yang kita miliki sendiri contohnya website, social media channel, blog, email newsletter,dll. Dimana kita bisa mengendalikannya secara penuh konten – konten yang ingin kita promosikan di dalamnya dan untuk mempromosikan produk kita disini, kita tidak perlu mengeluarkan biaya.

Yang kedua adalah paid marketing channel, maksudnya adalah semua channel yang memungkinkan kita untuk mempromosikan produk kita namun kita harus membayar, contohnya adalah digital ads dan social media post yang di sponsor.

Yang terakhir adalah online media, yaitu liputan  atau coverage yang  mencakupi produk atau jasa yang kita punya, dan juga biasanya berbentuk word-of-mouth, seperti contohnya online review and rating, liputan media, post social media dari orang yang mempromosikan produk kita.

Setelah kita mengetahui macam – macam channel di digital marketing, ayo kita bahas lebih spesifik lagi mengenai social media yang digunakan dalam digital marketing.

Social media marketing adalah digital marketing yang sangat populer, karena hampir semua pengguna internet menggunakan social media. Social media marketing merupakan praktek marketing untuk mempromosikan brand, konten, produk atau jasa di social media channel. Tujuan yang kita dapat dari social media marketing ini adalah untuk menaikkan brand awarness seperti saat kita baru membuka atau mmbuat produk baru kita bisa mempromosikannya lewat social media marketing. Kita juga mendapatkan drive engangment seperti like, comment, share serta kita bisa mendorong seseorang untuk masuk ke sebuah website.

Lalu apa yang harus kita perhatikan jika ingin mnnggunakan social media marketing. pertama yaitu kita harus memperhatikan kualitas konten dan copywriting. Seperti contohnya jika di instagram konten yang kita buat harus bagus secara visual dan juga kita bisa menggunakan caption yang penggunaan bahasa yang tepat sasaran kepada target konsumen kita, seperti contoh jika target kita adalah kalangan anak – anak muda kita bisa menggunakan bahasa yang gaul dan juga receh untuk membuat konten kita terasa asik dan juga menarik.

Setelah kita emperhatikan hal – hal tersebut kita akan melihat seberapa banyak impression, reach, click, serta engangment rate yang kita dapatkan terhadap konten atau post tersebut.

Oke, mari Kita lebih megerucut lagi social media marketing menggunakan instagram ads. Mengapa instagram ads? Karena menurut data 83% orang belanja produk yang mereka temui dalam promosi di instagram. Sehingga kita dapat menjadikan instagram ads untuk lebih dekat terhadap konsumen produk kita.

Oke, dengan begitu langsung aja yuk kita cari tahu bagaimana cara pasang iklan lewat instagram ads.

Pertama kita bisa membuat akun instagram untuk produk kita, tetapi jangan lupa pada pengaturan akunnya kita ganti ke akun profesional atau bisnis.

Yang kedua, kita buat konten yang menarik untuk produk kita. Setelah kita membuat dan menguploadnya di akun instagram kita, cara selanjutnya adalah buka menu insight lalu scroll kebawah, klik tombol buat promosi dan pilih konten kemudian tekan tombol next.

Ketiga, tentukan tujuan iklan. Pilih salah satu yang paling sesuai dengan bisnis kita.

Keempat, tentukan target audiens. Jika kita memilih opsi otomatic maka instagram akan menampilkan iklan ke akun – akun yang mirip dengan followers kita. Namun bila kita ingin target audiens yang lebih spesifik, kita bisa memilih opsi di bawahnya, lalu tentukan lokasi, minat, usia, dan jenis kelamin para calon konsumen kita. Untuk opsi lokasi kita bisa menargetkan radius kilometer dari lokasi bisnis kita berada (jika ada bisnis offlinenya).

Yang kelima, setelah semua selesai kita setting kita akan menentukan berapa biaya iklan yang ingin kita keluarkan dan durasi pemasangan iklan. Sebelum membayar tagihan pastikan seumua yang kita pilih sesuai dengan target audiens yang ingin kita sasar, setelah itu kita bisa langsung membayar biaya tagihannya.

Yang terakhir, setelah pembayaran berhasil kita sudah bisa menerbitkan iklan kita dengan klik tombol buat promosi. Setelah itu instagram akan meriview konten iklan kita sekitar 2 sampai 3 jam, setelah itu iklan kita akan muncul di feeds atau stories target audiens yang telah kita tentukan.

Nah itu dia cara menggunakan instagram ads untuk media promosi bisnis kita. Semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca samapi akhir! Jangan lupa check tulisanku yang lainnya dan sampai ketemu di tulisanku selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Citra dan Reputasi Universitas yang Baik di Mata Publik

Resep Chocolate Cake Pudding Mudah, Dengan Bahan Yang Ada di Kulkas!

Cara Membuat Business Plan yang Baik dan Benar