BIKIN DAGANGAN LARIS MANIS LEWAT INSTAGRAM ADS
Jika kita berbicara masalah berdagang atau berbisnis pasti tidak jauh – jauh dengan istilah marketing. saat ini kita tinggal di zaman serba 4.0 di mana hampir semua orang di dunia mengakses internet dan juga bermain soscial media, begitupun marketing yang kini telah berevolusi menjadi digital marketing.
Sebelum kita bahas lebih dalam
mengenai cara promosi bisnis kita dengan media instagram ads, ada baiknya kita
harus mengenal terlebih dahulu dasar dari promosi di social media yang
merupakan bagian dari digital marketing.
Langsung saja ya, apasih digital
marketing itu? Digital marketing adalah sebuah komponen dari marketing yang
menggunakan internet dan teknologi digital berbasis online untuk mempromosikan
produk dan jasa. Source: Wikipedia
Jadi pada dasarnya, digital
marketing ini merupakan kegiatan dari sebuah marketing.
Why digital marketing? apa
bedanya sih dengan marketing biasa? Ada beberapa manfaat dari menggunakan
digital marketing, yang apabila kita compare dengan traditional marketing akan ada
beberapa benefit yang tidak kita dapatkan dalam traditional marketing
Yang pertama, digital marketing
itu hyper targeted, apasih artinya? Hyper targeted itu artinya kita bisa
menggunakan digital maketing dengan tools – tools yang tersedia untuk
memperoleh konsumen atau calon – calon pelanggan yang spesifik. Contohnya, jika
kita menggunakan traditional marketing dimana kita masih beriklan menggunakan
bilboard di jalanan, kita tidak tahu berapa banyak orang yang akan lewat jalan
itu dan melihat bilboard yang kita pasang. Namun bila kita memasang iklan di
social media seperti instagram ads, kita akan dapat menarget konsumen kita
secara lebih spesifik, kita dapat mengetahui berapa umurnya, apa gender nya,
stage of life nya bagaimana, dan mereka interest nya apa.
Yang kedua adalah measurable,
artinya adalah semua kegiatan yang ada di digital marketing itu
terdokumentasikan dengan baik dan data – data nya bisa membantu kita untuk
menganalisis, supaya kita bisa lebih efektif meraih target konsumen kita.
Yang ketiga yaitu interaktif,
jika kita memasang iklan di televisi kita tidak bisa mendapat feedback dari
audiens atau penonton. Sedangkan jika melihat iklan di social media kita bisa
langsung berinteraksi attau bekomentar dengan owner bisnis tersebut.
Yang terakhir adalah cost-effective,
seperti yang kita tau memasang iklan dengan menggunakan media tradisional
dibutuhkan biaya yang cukup mahal, misalnya beriklan di televisi, di bilboard, maupun
surat kabar membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan adanya digital
marketing sebenarnya ini membuka akses untuk berbagai macam kegiatan pomosi
bisnis yang affordable bahkan gratis sehingga dapat di aplikasikan pada bisnis –
bisnis yang masih kecil sekalipun. Kita dapat mengukur pengeluaran kita melalui ads namun dengan target yang
sesuai sasaran.
Setelah kita mengetahui berbagai
keunggulan digital marketing di bandingkan traditional marketing, kita juga
harus mengetahui bahwa dalam digital marketing ada beberapa macam digital
marketing channel, antara lain:
Yang pertama ada owned, yaitu
channel yang kita miliki sendiri contohnya website, social media channel, blog,
email newsletter,dll. Dimana kita bisa mengendalikannya secara penuh konten –
konten yang ingin kita promosikan di dalamnya dan untuk mempromosikan produk
kita disini, kita tidak perlu mengeluarkan biaya.
Yang kedua adalah paid marketing
channel, maksudnya adalah semua channel yang memungkinkan kita untuk
mempromosikan produk kita namun kita harus membayar, contohnya adalah digital
ads dan social media post yang di sponsor.
Yang terakhir adalah online
media, yaitu liputan atau coverage
yang mencakupi produk atau jasa yang
kita punya, dan juga biasanya berbentuk word-of-mouth, seperti contohnya online
review and rating, liputan media, post social media dari orang yang
mempromosikan produk kita.
Setelah kita mengetahui macam –
macam channel di digital marketing, ayo kita bahas lebih spesifik lagi mengenai
social media yang digunakan dalam digital marketing.
Social media marketing adalah
digital marketing yang sangat populer, karena hampir semua pengguna internet
menggunakan social media. Social media marketing merupakan praktek marketing
untuk mempromosikan brand, konten, produk atau jasa di social media channel. Tujuan
yang kita dapat dari social media marketing ini adalah untuk menaikkan brand
awarness seperti saat kita baru membuka atau mmbuat produk baru kita bisa
mempromosikannya lewat social media marketing. Kita juga mendapatkan drive
engangment seperti like, comment, share serta kita bisa mendorong seseorang
untuk masuk ke sebuah website.
Lalu apa yang harus kita
perhatikan jika ingin mnnggunakan social media marketing. pertama yaitu kita
harus memperhatikan kualitas konten dan copywriting. Seperti contohnya jika di
instagram konten yang kita buat harus bagus secara visual dan juga kita bisa
menggunakan caption yang penggunaan bahasa yang tepat sasaran kepada target
konsumen kita, seperti contoh jika target kita adalah kalangan anak – anak muda
kita bisa menggunakan bahasa yang gaul dan juga receh untuk membuat konten kita
terasa asik dan juga menarik.
Setelah kita emperhatikan hal –
hal tersebut kita akan melihat seberapa banyak impression, reach, click, serta
engangment rate yang kita dapatkan terhadap konten atau post tersebut.
Oke, mari Kita lebih megerucut
lagi social media marketing menggunakan instagram ads. Mengapa instagram ads? Karena
menurut data 83% orang belanja produk yang mereka temui dalam promosi di
instagram. Sehingga kita dapat menjadikan instagram ads untuk lebih dekat
terhadap konsumen produk kita.
Oke, dengan begitu langsung aja
yuk kita cari tahu bagaimana cara pasang iklan lewat instagram ads.
Pertama kita bisa membuat akun
instagram untuk produk kita, tetapi jangan lupa pada pengaturan akunnya kita
ganti ke akun profesional atau bisnis.
Yang kedua, kita buat konten yang
menarik untuk produk kita. Setelah kita membuat dan menguploadnya di akun
instagram kita, cara selanjutnya adalah buka menu insight lalu scroll kebawah,
klik tombol buat promosi dan pilih konten kemudian tekan tombol next.
Ketiga, tentukan tujuan iklan. Pilih
salah satu yang paling sesuai dengan bisnis kita.
Keempat, tentukan target audiens.
Jika kita memilih opsi otomatic maka instagram akan menampilkan iklan ke akun –
akun yang mirip dengan followers kita. Namun bila kita ingin target audiens
yang lebih spesifik, kita bisa memilih opsi di bawahnya, lalu tentukan lokasi,
minat, usia, dan jenis kelamin para calon konsumen kita. Untuk opsi lokasi kita
bisa menargetkan radius kilometer dari lokasi bisnis kita berada (jika ada
bisnis offlinenya).
Yang kelima, setelah semua
selesai kita setting kita akan menentukan berapa biaya iklan yang ingin kita
keluarkan dan durasi pemasangan iklan. Sebelum membayar tagihan pastikan seumua
yang kita pilih sesuai dengan target audiens yang ingin kita sasar, setelah itu
kita bisa langsung membayar biaya tagihannya.
Yang terakhir, setelah pembayaran
berhasil kita sudah bisa menerbitkan iklan kita dengan klik tombol buat
promosi. Setelah itu instagram akan meriview konten iklan kita sekitar 2 sampai
3 jam, setelah itu iklan kita akan muncul di feeds atau stories target audiens
yang telah kita tentukan.
Nah itu dia cara menggunakan
instagram ads untuk media promosi bisnis kita. Semoga bermanfaat, terima kasih
telah membaca samapi akhir! Jangan lupa check tulisanku yang lainnya dan sampai
ketemu di tulisanku selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar