Cara Masuk UNJ Lewat Jalur Mandiri


Halo Pejuang PTN!!

Apa kabarnya nih? sedih abis ketolak UTBK? eitss tenang aja nih buat para Pejuang PTN, seperti kata pepatah 'banyak jalan menuju roma' iya gak? 

Nah kalau kalian nemuin blog ini, siapa tau bisa membantu kalian ya, untuk menemukan jalan menuju PTN impian kalian aamiin...

Sebelumnya siapa tau ada yang mau berkenalan denganku, namaku Ira, aku mahasiswa semester 2 di Universitas Negeri Jakarta. Aku masuk kampus UNJ ini dengan jalur ujian mandiri-nya UNJ alias PENMABA. Jadi disini aku mau ceritain based my own experience yaa.. Yuk simak!

Aku akan bagi pembahasannya jadi 4 ya, yaitu:

1. PENMABA UNJ itu apa?

2. Sistematika dan jenis ujiannya seperti apa?

3. Apa yang harus di persiapkan sebelum mendaftar PENMABA UNJ?

4. Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai PENMABA UNJ.

Yuk langsung saja, kita bahas satu-persatu!!

Pertama, PENMABA (Penerimaan Mahasiswa Baru) UNJ adalah ujian mandiri untuk masuk UNJ dengan menggunakan ujian tulis berbasis komputer (karena saat ini masih covid, rencanya akan dilaksanakan secara online).

Untuk biaya pendaftaran pada tahun 2022 sama dengan tahun 2021, yaitu:

  • Saintek/Soshum Rp300.000 
  • Campuran Rp450.000  
  • Apabila kalian memilih program studi yang ada ujian keterampilannya, seperti prodi olahraga, maka untuk biaya ujian keterampilan yaitu Rp300.000 ditamabah biaya ujian tertulisnya.
Untuk jadwal ujian tahun 2022 ada di bawah:


source: https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/

Lalu pelajaran apa saja yang diujikan? waktu di tahun 2021 itu hanya ada TPA (Test Potensi Akademik ) saja, namun di tahun 2022 ini mata pelajaran yang diujikan akan mencakup TPA dan TKA juga. untuk rinciannya:

TPS mencakup: 

1. Verbal 

    - Pemahaman bahasa indonesia

   - Pemahaman bahasa inggris

   - Analogi

   - Silogisme

   - Analitis

2. Numerikal

3. Figural

TKA mencakup: 

- Tes kemampuan IPA, jika kamu Saintek

- Tes kemampuan IPS, jika kamu Soshum

Aku mau berbagi sedikit file soal ujian PENMABA UNJ yang dulu aku pakai buat belajar nih

//SOAL PENMABA UNJ⬇️//

https://drive.google.com/drive/folders/1XAkXhqs3yk5nbE-wcEy56xuuA3Mx-O6b?usp=sharing

-jangan lupa di share agar bermanfaat 🥰♡-


Nah, menurutku soal PENMABA itu gak jauh berbeda dengan soal-soal UTBK, jadi kalau kalian sudah terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK pasti kalian gak akan kesulitan untuk mempelajari materi PENMABA UNJ ini. 

Setelah kalian mengetahui, materi apa saja yang akan diujikan nanti, lalu ada beberapa persiapan yang harus kalian lakukan sebelum melaksanakan ujian, agar hasilnya maksimal yaitu, pertama kalian harus belajar pastinya! semakin sering berlatih mengerjakan soal, kalian akan paham dengan pattern nya dan bisa mengerjakan dengan waktu cepat.

Jangan lupa siapkan laptop atau komputer ya untuk ujiannya, pastikan juga kuota internet mu cukup, kalau bisa beli yang unlimited saja😅 Patikan juga kamera laptop mu berfungsi dengan baik, karena digunakan untuk pengawasan saat ujian berlangsung.

Untuk pakaiannya yang penting sopan, dan saat sebelum ujian kalian bisa menyiapkan selembar kertas, pulpen, dan double tape untuk menulis nomor peserta di dada kalian.

Nah, aku mau sedikit sharing, gimana sih pengalamanku ikut PENMABA, dan gimana caranya bisa lulus di PENMABA UNJ. Jadi awalnya aku gak pernah kepikiran untuk ikut ujian mandiri UNJ ini, karena aku yakin banget lulus di SBMPTN, namun ternyata Tuhan berkehandak lain, aku dinyatakan tidak lulus di SBMPTN dan menyebabkan aku mencari alternaif lain untuk bisa masuk ke PTN. 

Nah, kenapa aku memilih PENMABA UNJ ini, pertama karena aku melihat kampus UNJ ini letaknya di Ibu kota Jakarta, yang mana aku merasa bisa mendapatkan opportunity yang banyak untuk berkembang lebih jauh lagi. Singkat cerita aku mendafatar dan aku belajar PENMABA ini kurang lebih 2 minggu, seperti yang sudah aku bilang tadi, kalau kalian terbiasa mengerjakan soal-soal UTBK pasti kalian juga tidak akan kesulitan untuk mengerjakan soal PENMABA ini. Dan yah, tiba di hari-h ujian, Alhamdulillah aku bisa mengerjakan semua soalnya dengan baik dan saat hari pengumuman tiba, aku dinyatakan lolos PENMABA UNJ 2021 yaeay!!!




//Untuk FAQ⬇️//

  • Untuk waktu pengerjaan ujiannya apakah time blocking? based my own experience untuk setiap subbab kita bisa isi yang kita bisa dahulu alias tidak memakai time blocking, namun ini terjadi di tahun 2021, untuk di tahun 2022 ini belum ada update terbaru kembali.
  • Apakah akan ada soal essay? waktu aku, itu akan ada essay di akhir soal, tapi gak usah khawatir karena essaynya itu membahas tentang diri kalian, seperti kelebihan, kekurangan, apa yang kalian lakukan jika diterima di kampus UNJ. Untuk essay sendiri gak panjang sekitar 200 an kata maybe, aku sebenarnya agak lupa sorry.
  • Untuk uang pangkal/uang penmbangunan apakah bisa 0 rupiah? Yap benar sekali mandiri UNJ memiliki kebijakan bisa memilih 0 rupiah untuk sumbangan pembangunannya, dan ini tidak berpengaruh sama sekali terhadap faktor kelolosan kalian, jadi jangan khawatir ya!


Untuk informasi Resmi nya, kalian bisa akses di https://penmaba.unj.ac.id/mandiri-ujian-tulis/ dan kalian bisa dapet informasi lebih lanjut mengenai update PENMABA UNJ di web tersebut, dan juga di instagram @pustikom_official maupun @unj_official 

Okey, ternyata sudah semua aku bahas nih, semoga tulisanku ini bisa bermanfaat untuk kalian para pejuang PTN diluar sana. Ditunggu di kampus UNJ tercintah ya~

Ganbatte!! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Citra dan Reputasi Universitas yang Baik di Mata Publik

Resep Chocolate Cake Pudding Mudah, Dengan Bahan Yang Ada di Kulkas!

Cara Membuat Business Plan yang Baik dan Benar